IMaKo

(IKATAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI)

Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta memiliki beragam aktivitas yang bisa diikuti, baik aktivitas akademik maupun non-akademik yang berpeluang untuk mengasah softskills, leadership, dan manajemen organisasi/komunitas di lingkup dunia ilmu komunikasi. Prodi ilmu komunikasi juga mengarahkan mahasiswa supaya ikut dalam beberapa kegiatan dan event yang sesuai dengan spirit ilmu komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta. Berbagai kegiatan tersebut sekiranya dapat memenuhi kriteria kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia ilmu komunikasi, seperti manajemen keorganisasian, jurnalistik, broadcasting/videografi/perfilman, fotografi, dan public relations (PR)/Humas.
Semua kegiatan tersebut akan dinaungi dalam satu wadah IKATAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI (IMaKo). IMaKo bertanggungjawab langsung terhadap keberlangsungan kegiatan mahasiswa, IMaKo selain menjadi wadah untuk melaraskan antara teori dan praktik mahasiswa, juga menjadi tempat penyampaian aspirasi mahasiswa ilmu komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta, guna menjembatani antara mahasiswa, dosen prodi, dan sivitas akademik selama menempuh perkuliahan di kampus. Selain itu IMaKo memiliki program kerja yang terintegrasi dengan prodi ilmu komunikasi untuk menunjang keaktifan mahasiswa sekaligus memanajemen program-program tersebut supaya tepat sasaran.
IMaKo juga menaungi beberapa komunitas mahasiswa ilmu komunikasi, komunitas-komunitas ini digagas dengan mempertimbangkan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia ilmu komunikasi saat ini, komunitas-komunitas tersebut Antara lain :
1. TRIPOD
TRIPOD merupakan komunitas mahasiswa ilmu komunikasi yang memiliki minat pada bidang fotografi. Dalam komunitas ini akan menunjang kompetensi, dan gairah berkarya mahasiswa dengan berbagai kegiatan seperti hunting foto, proses produksi karya fotografi, bedah karya fotografi, pameran fotografi, workshop fotografi dan diskusi/sharing seputar fotografi. TRIPOD memiliki berbagai mitra kerja baik organisasi fotografi, komunitas, maupun agency, yang siap membantu anggota TRIPOD untuk berkarya, mengikuti kompetisi dan menorehkan prestasi.

2. KINECLUB 317
KINECLUB 317 merupakan komunitas mahasiswa ilmu komunikasi yang memiliki minat pada bidang audio visual, videografi dan perfilman. KINECLUB 317 hingga tahun 2020 ini telah memiliki beberapa produksi film pendek maupun dokumenter, beberapa kegiatan yang mendukung kompetensi dan semangat berkarya mahasiswa dalam KINECLUB 317 ada nonton dan ngobrol (membedah dan membincangkan karya audio visual), produksi film, dan banyak kegiatan lainya dalam lingkup bidang audio visual. KINECLUB 317 juga bekerjasama dengan berbagai mitra yang mendukung kegiatan terkait.
3. PERSPEKTIF
PERSPEKTIF merupakan komunitas mahasiswa ilmu komunikasi yang memiliki minat pada bidang jurnalistik. Beberapa kegiatan dari komunitas ini adalah diskusi, workshop, kelas alternatif, produksi karya jurnalistik, dan beberapa kegiatan terkait dunia jurnalistik lainya.
Dari ketiga komunitas di atas telah banyak membantu mahasiswa ilmu komunikasi di STPMD “APMD” Yogyakarta untuk menemukan ruang-ruang yang mendorong mahasiswa untuk aktif, berkarya, dan memiliki kompetensi sesuai dengan dunia ilmu komunikasi.
IMaKo adalah sebuah rumah dan sebagai wadah mahasiswa ilmu komunikasi di STPMD “APMD” Yogyakarta yang telah terintegrasi dengan prodi ilmu komunikasi, IMaKo juga aktif bergabung dengan IMIKI (IKATAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI INDONESIA) Cabang DIY. Jika STPMD “APMD” Yogyakarta adalah Indonesia mini, maka akan kita temukan Yogyakarta-nya dalam IMaKo.
Salam Komunikasi.

Shares
Share This