VISI | MISI | TUJUAN

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI STPMD “APMD”

Visi

“Menjadi Pusat Pengembangan Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Tahun 2022”

Misi

  1. Terwujudnya tatakelola Program Studi Ilmu Komunikasi yang baik.
  2. Mengembangkan Pendidikan Ilmu Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  
  3. Mengembangkan penelitian di bidang Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
  4. Melakukan aksi pengabdian di bidang Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Tujuan

  1. Menyelenggarakan tata kelola prodi yang kredibel, transparan, akuntabel dan bertanggungjawab
  2. Mengoptimalkan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal pada semua aspek.
  3. Meningkatkan kapasitas dosen melalui studi lanjut dan implementasi Tridarma Perguruan Tinggi.
  4. Menguatkan kapasitas mahasiswa dalam mencapai kompetensi lulusan di bidang Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
  5. Mengembangkan kerjasama dan promosi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas kegiatan Tridarma dan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing.

KOMPETENSI LULUSAN :

  • Memahami konsep, teori, dan metode penelitian komunikasi
  • Memiliki kepekaan untuk melakukan analitis kritis terhadap berbagai fenomena komunikasi di masyarakat
  • Mampu mengidentifikasi femonema komunikasi di masyarakat
  • Mampu merumuskan solusi, merancang berbagai strategi dan agenda aksi komunikasi
  • Mampu menggunakan teknik-teknik penyampaian pesan secara lisan dengan baik
  • Mampu menggunakan teknik-teknik penyampaian informasi dalam bentuk tulisan dan  lambang-lambang komunikasi lainnya dalam konteks personal, kelompok, organisasi, dan komunikasi massa secara professional
  • Mampu memanfaatkan berbagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan
  • Memiliki kemampuan fasilitasi sosial
  • Memiliki kemampuan membangun relasi personal dan sosial.
  • Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan komunikasi secara etis.
  • Peka terhadap fenomena komunikasi yang memarjinalkan masyarakat, sekaligus memiliki keberpihakan, serta mampu melakukan aksi advokasi.
  • Mampu memanfaatkan teknologi komunikasi untuk mengoptimalkan proses komunikasi.
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tertulis.
  • Mampu merancang dan membangun media komunitas bersama masyarakat
  • Mampu memfasilitasi forum-forum warga
  • Memiliki performance yang baik dan menarik.
  • Memiliki kemampuan kewirausahaan di bidang komunikasi
  • Memiliki kemampuan kepemimpinan.
  • Mampu merancang kegiatan kreatif di bidang komunikasi

PROFIL LULUSAN :

Konsultan Komunikasi | Jurnalis  | Praktisi Humas | Praktisi Periklanan | Fasilitator Masyarakat | Akademisi

Shares
Share This