Sleman- Berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin cepat bahkan hingga ke desa-desa serta bagai bagian dari  praktek matakuliah Literasi Media Program Studi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” mengadakan pendampingan literasi digital di Kalurahan Sambirejo Prambanan Sleman DIY. Kegiatan berlangsung dua hari yakni tanggal 12-13 Januari 2023 di Balai Desa Sambirejo dengan target sasaran Ibu-ibu PKK dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Kegiatan ini diikuti semua mahasiswa peserta kuliah Literasi Media yang terbagi menjadi tiga kelompok dengan tiga materi: 1) Pemanfaatan media instagram sebagai media promosi; 2) Mendampingi anak dalam menggunakan media digital dan 3) Saring sebelum Sharing.  Target kegiatan ini mahasiswa mampu untuk melakukan kegiatan pendampingan literasi digital di masyarakat, masyarakat mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan serta makin cakap dalam menggunakan media digital.

Kegiatan pendampingan ibu-ibu PKK Sambirejo mendapatkan apresiasi yang hangat.  Dalam sambutannya Ibu Yuliyanti selaku ketua penggerak PKK Desa mengapresiasi kegiatan ini, bahkan beliau meminta saran untuk dapat meningkatkan followers pada instagramnya yang kemudian diberi kiat-kiat oleh Fitri yang merupakan mahasiswa sekaligus youtuber dari prodi Ilmu Komunikasi.  Narasumber dari mahasiswa yakni Kresensia, Pira, Sergio dan Patricia menyampaikan materi dengan semangat dan menarik. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 12.00. Di akhir acara Fadjarini S., selaku dosen pengampu matakuliah mengharapkan kegiatan pendampingan dapat memberikan manfaat bagi ibu-ibu PKK serta kerjasama kegiatan tridarma antara Kalurahan Sambirejo dan program studi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” dapat terus berlanjut. (FS)

Pemanfaatan media instagram sebagai media promosi

Shares
Share This