Yogyakarta – Sekolah Tinggi Pembanguan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta kembali menggelar wisuda bagi mahasiswa Diploma, Sarjana, dan Magister pada hari Selasa, 21 Maret 2023 dengan jumlah wisudawan/wati 117 orang dari hasil Yudisium tanggal 31 Oktober 2022 sejumlah 18 mahasiswa dan Yudisium tanggal 17 Februari 2023 sejumlah 99 mahasiswa.

Dalam wisuda kali ini Ketua Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta, Dr. Sutoro Eko Yunanto, M.Si memberikan sambutan dan pesan kepada para wisudawan/wati agar dapat dilaksanakan dalam kehidupan.

Pesan yang disampaikan adalah yang pertama menjadi orang-orang yang berkuasa itu bisa manjadi ASN, perangkat desa, kepala desa, wakil rakyat, atau bisa menjadi kepala daerah itu namanya kekuasaan. Kekuasaan itu kemuliaan dan kebaikan. Kekuasaan adalah posisi terhormat yang diperoleh dengan mekanisme publik, tetapi kekuasaan itu akan selalu mengandung dimensi privat dan publik, privat itu karir, namun juga kekuasaan diprivatisasi maka itu akan merampas hak publik.

Hal yang kedua adalah para sarjana bisa menjadi orang yang berharta  tetap peduli dengan rakyat. Ketiga adalah para sarjana harus menjadi orang yang berwibawa yang artinya berilmu menjadi tokoh masyarakat yang bermanfaat bagi orang banyak. “Apapun pilihan kita itu menjadi sarjana rakyat, sarjana yang berguna, yang bermaanfaat bagi rakyat jelata,” ungkap Dr. Sutoro Eko.

Adapun para wisudawan/wati yang lulus sebagai berikut:

  1. Program diploma tiga program studi pembangunan masyarakat desa dengan status terakreditasi “B” lulus sejumlah 3 orang. Dengan predikat kelulusan sebagai berikut: sangat memuaskan 3 orang.
  2. Program sarjana program studi pembangunan sosial dengan status terakreditasi “B” lulus sejumlah 17 orang, dengan predikat kelulusan sebagai berikut: lulus dengan predikat pujian atau cum laude 11 orang sangat memuaskan 6 orang.
  3. Program sarjana program studi ilmu komunikasi dengan status terakreditasi “B” lulus sejumlah 8 orang, dengan Predikat kelulusan sebagai berikut: lulus dengan predikat pujian atau cum laude 1 orang sangat memuaskan 4 orang memuaskan 3 orang.
  4. Program sarjana program studi ilmu pemerintahan dengan status terakreditasi “A” lulus sejumlah 71 orang, dengan predikat kelulusan sebagai berikut: Lulus dengan predikat pujian atau cum laude 11 orang. sangat memuaskan 42 orang memuaskan 15 orang cukup 3 orang.
  5. Program magister program studi ilmu pemerintahan dengan status terakreditasi “B” lulus sejumlah 18 orang, dengan predikat kelulusan sebagai berikut: sangat memuaskan 10 orang dan memuaskan 8 orang.

Pada acara wisuda ini juga ada beberapa mahasiswa yang lulus terbaik dari masing-masing program studi:

  1. Mahasiswa Program Diploma Tiga: Program Studi Pembangunan Masyarakat Desa atas nama Adrianus Lado Siga, A.md. Indek prestasi kumulatif 3,20. Putra dari. Bapak/ibu Kanisius Siga.
  2. Mahasiswa program sarjana: Program Studi Pembangunan Sosial atas nama Mauriska Ihza Shafira, S.Sos. Indek prestasi kumulatif 3,95. Putri dari: Ibu Gunartin.
  3. Mahasiswa Program Sarjana: Program studi ilmu komunikasi atas nama Ignasius Ivan, S.I.Kom. Indek prestasi kumulatif: 3,74 Putra dari Ibu Natalia Nurhayati.
  4. Mahasiswa Program Sarjana: Program Studi Ilmu Pemerintahan atas nama Luh Putu Tuti Yuliani, S.I.P. Indek prestasi kumulatif 3,83. Putri dari Bapak/ibu I Nyoman Yudana.
  5. Mahasiswa Program Pemerintahan: Magister Program Studi Ilmu Pemerintahan atas nama: Susilo Widodo, S.Si., M.I.P. Indek prestasi kumulatif putra dari: 3,71 Bapak/ibu Purwo Atmojo Almarhum.

 

Penanggung jawab wisuda tahun ini adalah Bpk. Muh. Hilal Sholikhin menjelaskan bahwa bersyukur sebab wisuda dapat berjalan dengan baik, dia juga menambahkan bahwa ini bukan kerja sektoral atau individual karena ini kerja team dari pegawai dan juga mahasiswa yang terlibat.

Selain itu juga ditambahkan oleh Bpk. Muh. Hilal bahwa progresif wisuda ke depan “ada beberapa masuk dari para dosen: selama ini wisuda dilaksanakan pada hari Sabtu, sekarang dilaksanakan ketika jam kerja barangkali itu sekedar masukan, mungkin untuk selanjutnya tidak di hari Sabtu tapi di hari diluar hari itu,” ucap Bpk. Muh. Hilal sebagai penanggung jawab. Pers_IMaKo STPMD “APMD” –

Shares
Share This