Kuliah kerja media (KKM) kali ini dilakukan di salah satu media berita yakni Jawa Pos Surabaya dan dua kampus, yakni Universitas Bhayangakara Surabaya (Ubhara Suraya) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Visit media dan benchamarking di Jawa Timur dilaksanakan selama dua hari yaitu 4-5 Maret 2024. Setelah mengunjungi Jawa Pos, mahasiswa Ilmu komunikasi yang mengambil mata kuliah KKM beserta dengan dosen dan staf Prodi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta mengunjugi Universitas Bhayangkara. Kunjungan tersebut disambut oleh dekan FISIP, Kepala Prodi Ilmu Komunikasai Universitas Bhayangkara, serta beberapa dosen lainnya. Prodi Ilmu komunikasi Ubhara, berkonsentrasi pada bidang jurnalistik dan dan kehumasan dengan praktik kerja yang dilakukan pada perusahaan maupun tempat-tempat yang bersangkutan. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara kedua Kaprodi juga dilakukan.

Adapun mahasiswa diajak untuk berkenalan dengan organisasi yang ada di FISIP Universitas Bhayangkara antara lain Dewan perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM), dan BEM FISIP. Benchamarking ke Universitas Bhayangakara Surabaya ini dilakukan pada Senin, 4 Maret 2024.

Kunjungan berikutnya dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang pada Selasa, 5 Maret 2024 bertempat di ruang laboratorium Ilmu Komunikasi. Ilmu komunikasi UMM memliki 3 peminatan diantaranya Public Relations, audio visual, dan jurnalistik yang kemudian dikembangkan lagi pada tahun 2023 menjadi Public Relations and Creative Branding, Content Creation and Journalism, dan Creative Audio Visual Communication. Pengembangan tersebut menjadi bentuk adaptasi terhadap permintaan pasar di dunia komunikasi, sehingga ciri khas Ilmu Komunikasi UMM ialah creative digital communication yang kemudian mampu menjawab tantagan abad ke-21 yang bersifat 4C (creative, critical thinking, collaboration, communication).

Mahasiswa betul-betul dilibatkan dalam kegiatan di lapangan secara real melalui praktikum-praktikum yang ada seperti praktik produksi program Tv, praktikum event public realtion management, praktikum public relation media, media jurnalistik cetak dan online, fotografi, editing, dan komunikasi grafis yang selain dilakukan di ruang laboratorium, dilakukan pula di tempat-tempat klayen, dengan jumlah 54 kelas praktikum. Adapun untuk kegiatan magang sendiri, program kegiatan yang dilakukan mahasiswa bersifat berkelanjutan hingga dampaknya bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Dengan demikian mahasiswa dapat terlibat di dunia kerja, tidak hanya di kelas saja.

Di sisi lain sebelum mengikuti kegiatan magang, mahasiswa membutuhkan kesiapan dan bekal yang cukup baik itu mata kuliah maupun pengalaman berorganisasi yang diikuti pada awal semester, kegiatan magang yang dilakukan pun sesuai dengan bidang ilmu komunikasi. Sehingga aktivitas organisasi serta penekunan pada profesi tetap berjalan. Mahasiswa juga diajak untuk terus melahirkan ide-ide dan karya kreatif yang bernilai tinggi.

Diharapkan melalui kegiatan visit media dan benchamarking, mahasiswa memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru dalam hal kerja media berita serta aktivitas akademik dan nonakademik dari kampus lain, terutama dalam hal semangat belajar maupun menciptakan ide-ide dan karya kreatif bernilai tinggi yang mampu mengangkat pemberdayaan masyarakat sesuai dengan visi-misi Prodi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta serta siap menjadi lulusan yang mengabdi kepada masyarakat melalui bidang ilmu komunikasi yang ditekuni.

 

 

Shares
Share This