Mengikuti lomba debat Bahasa Indonesia dalam rangka Mercu Buana Communication Festival 2024, team Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (IMaKo) STPMD “APMD” Yogyakarta memperoleh juara dua. Kegiatan debat yang diadakan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta kampus II ini, diikuti oleh beberapa mahasiswa dari kampus Mercu Buana yang diwakili oleh 4 team, UNY 1 team, dan STPMD “APMD” Yogyakarta 1 team, sehingga total seluruhnya 6 team dengan masing-masing teamnya terdiri dari tiga anggota.

Adapun anggota yang mewakili IMaKo ialah Rain Tania Rambu Dehi Boru, Felisius Andika Fatolosa Ndraha, dan Delano Iventus Falentinus Turot. Ketiganya mampu membawa kemenangan hingga ke babak final, dengan memperoleh juara 2 setelah melawan team UNY.

Debat yang dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juni 2024 tersebut terdiri dari tiga babak. Pada babak pertama, team STPMD “APMD” menjadi team kontra yang melawan team pro UMBY dengan mosi “Apakah investasi dalam kesehatan dan kesejahteraan anak-anak dapat membantu mengatasi tantangan bonus demografi Indonesia 2045?”. Kemudian pada babak semifinal, STPMD “APMD” menjadi team pro melawan team kontra UMBY dengan mosi “Apakah strategi komunikastif yang terbuka terhadap masukan dan kritik dapat memperkuat transparansi organisasi di era revolusi informasi ini?”.

Memasuki babak final, STPMD “APMD” menjadi team kontra yang melawan team pro UNY dengan mosi yang diberikan secara langsung oleh dewan juri yakni “Sudah saatnya untuk memberlakukan hukuman mati terhadap kasus pemerkosaan berat”. Debat final yang berlangsung selama 45 menit tersebut kemudian menghasilkan nilai final, dimana team UNY memperoleh juara pertama, team STPMD “APMD” memperoleh juara kedua, dan team UMBY Merah memperoleh juara ketiga.

Adapun puncak acara dari Communication Festival 2024 (Mercommfest 2024) yang diadakan oleh BEM Fakultas Ilmu Komunikasi & Multimedia Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini akan dilaksanakan pada 8 Juli 2024 mendatang.

Shares
Share This